Visi

Dalam rangka untuk mendukung pencapaian Visi Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta terpilih maka visi Kecamatan Gedongtengen adalah Terwujudnya Pelayanan Prima Dan Pemberdayaan Masyarakat Yang Berbudaya.

Pelayanan  Prima

Suatu kegiatan yang dilakukan oleh organisasi (kecamatan) dalam bentuk pemberian pelayanan kepada semua pihak yang memerlukan baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal organisasi, dengan berlandaskan pada 8 (delapan) sendi-sendi pelayanan (Kepmenpan Nomer 81 Tahun 1993)  yakni Kesederhanaan, Kejelasan dan Kepastian, Keamanan, Keterbukaan, Efisien, Ekonomis, Keadilan dan ketepatan waktu.

Pemberdayaan Masyarakat Yang Berbudaya

Pemberdayaan masyarakat adalah kegiatan yang melibatkan masyarakat. Melibatan masyarakat dapat dilakukan pada saat perencanaan dan pelaksanaan dari pembangunan serta kegiatan non fisik. Pemberdayaan masyarakat juga dapat berupa pemberian daya atau peningkatan kapasitas masyarakat yang berupa pelatihan, pembinaan dan sosialisasi serta kegiatan yang bersifat eksplorasi potensi masyarakat.

Misi

Untuk menjabarkan visi diatas maka perlu dirumuskan misi dalam rangka mencapai tujuan, misi Kecamatan Gedogtengen adalah Mewujudkan Peningkatan Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat Yang Berbudaya