Pembinaan Rohani Menyambut Idul Adha 1445 H

GEDONGTENGEN - Menyongsong Idul Adha tahun ini, Kemantren Gedongtengen menggelar pengajian untuk karyawan dan karyawati berserta unsur forkompimtren bertempat di pendopo bhakti praja (13/06/2024). Acara yan dipimpin oleh Mantri Pamong Praja Drs. Ananto Wibowo, MIP itu mengambil tema “Ibadah Qurban yang Berkualitas”. Hadir pada kesempatan tersebut, Mantri Pamong Praja, Mantri Anom, Lurah Pringgokusuman dan Sosromendura beserta staf, Polsek Gedontengen, Koramil 14 Gedongtengen, KUA dan Puskesmas Gedongtengen.

Bertindak selaku pembicara dalam kegiatan ini adalah Ustat Zaenal Syarifuddin dari Kepala KUA Mergangsan dengan menyitir surat Al-Kautsar 1-3 Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu Nikmat yang banyak. Maka dirikanlah Salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah, sesungguhnya orang yang mencacimu dialah yang terputus.

Bahwasannya waktu pelaksanaan setelah selesai Sholat Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah, Hukum ibadah Kurban adalah Sunnah Muakad Yaitu dianjurkan apabila mampu, maka dari itu umat islam yang mampu dianjurkan atau diharapkan untuk menyembelih hewan kurban sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Menyembelih hewan kurban juga harus dilakukan dengan aturan atau ketentuan yang sudah di tentukan dalam Islam, diantaranya Membaca Bismillah, Membaca Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW, Membaca Takbir, Membaca doa agar diterima, Memakai Pisau yang tajam, bagi shohibul kurban disunahkan menyaksikan saat penyembelihan, ikut memakan daging kurban serta diperbolehkan mengambil maksimal sepertiga dari daging hewan yang diqurbankan.