UPACARA HUT RI KE-78 TINGKAT KEMANTREN GEDONGTENGEN

Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 tingkat Kemantren Gedongtengen dilaksanakan dengan menggelar upacara bendera berlokasi di halaman SMP Negeri 3 Yogyakarta pada Kamis tanggal 17 Agustus 2023. Mantri Pamong Praja (MPP) Kemantren Gedongtengen Drs. Ananto Wibowo, M.I.P. bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Bertugas s bagai  Komandan Upacara Ipda Susmarjana dari Polsek Gedongtengen, dan untuk Komandan Kompi ditugaskan kepada Serka Suyadi, Sertu Akbarudin, Aiptu Kardiyono dan Aipda Nanang Hermawan, SP. Upacara dirgahayu Republik Indonesia ke-78 mengundang semua elemen masyarakat yang ada di Kemantren Gedongtengen diantaranya  Jaga Warga, FPK, FKDM, FKUB, FKTB, MUI, Linmas, Ketua Kampung, RW, RT, LPMK dan TP-PKK. Hadir juga  guru-guru SMPN 3 Yogyakarta dan pegawai instansi atau lembaga pemerintah dari kemantren, kelurahan, KUA, Puskesmas dan TNI/Polri.

Dari perwakilan sekolah di wilayah Kemantren Gedongtengen turut mengikuti dari SMPN 3 Yogyakarta, MTs Muhammadiyah Gedongtengen, SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta, SMA Ma’arif. Dari SMKN 1 Yogyakarta ditunjuk 9 orang dan 3 orang cadangan menjadi pasukan pengibar bendera merah putih yang lagu Indonesia Raya diiringi dari paduan suara SMP Stella Duce 1 Yogyakarta.

MPP Gedongtengen dalam amanat membacakan surat Gubernur DIY yang mengajak masyarakat  untuk mengikuti upacara memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 diiringi rasa syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa atas berkat-rahmatNya yang dilimpahkan kepada bangsa dan negara Indonesia. Bahwa dari Yogyakarta-lah tonggak awal pergulatan mencita-citakan kemerdekaan untuk Indonesia dimulai. Maka hal yang tidak boleh berubah adalah jiwa dan semangat sebagai pejuang, yang tetap diperlukan sepanjang zaman.    

Lokasi upacara dengan luas yang terbatas namun tidak mengurangi kehikmatan upacara, dengan menggelorakan semangat pejuang kemerdekaan. Diakhir upacara, MPP Gedongtengen membagi-bagikan bendera merah putih yang diterima siswa-siswi SMP Stella Duce 1 Yogyakarta dan guru-guru SMPN 3 Yogyakarta.htls