Madrasah Al-Qur'an Kemantren Gedongtengen

Kemantren Gedongtengen Kota Yogyakarta mengikuti  Madrasah Al Qur’an yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta  selama bulan Ramadhan 1443 H untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami Al Qur’an. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah kalangan pegawai baik PNS maupun Non PNS yang ingin memperdalam bacaan Al Qur’an.

Madrasah Al Qur’an di lingkup Kemantren Gedongtengen Kota Yogyakarta terbagi tiga kelas, 1) Kelas Iqra bagi peserta yang belum bisa baca Al Qur’an, 2) Kelas Tahsin, bagi yang sudah bisa tapi bacaan belum fasih, dan 3) Kelas Tahfizh, bagi yang sudah fasih dan ingin memperbaiki lafal bacaan dan hafalan Al Qur’an. Ustadz ustadzah diambilkan dari penyuluh agama Islam Kemenag Kota Yogyakarta.

Kegiatan Tahsin/Tahfizh diadakan di Pendopo Bhakti Praja Kemantren Gedongtengen Kota Yogyakarta Kota Yogyakarta  mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 09.00 WIB Peserta yang mengikuti kurang lebih sebanyak 15 orang.

Kegiatan ini dilakukan dua kali dalam satu pekan, dengan harapan seluruh pegawai yang masih kesulitan membaca Al-Quran tersebut sudah bisa membaca dengan lancar usai mengikuti 8 kali pertemuan. Sedangkan pegawai yang sudah lancar membaca Al-Quran akan memperoleh pengajaran untuk perbaikan lafal bacaan dan hafalan Al Qur’an, setelah belajar mengaji selesai dilanjutkan dengan Kultum yang disampaikan oleh salah satu penyuluh agama dari KUA Gedongtengen mengupas ilmu keagamaan yang biasa kita laksanakan sehari-hari.

Bapak Mantri Pamong Praja Gedongtengen Kota Yogyakarta, Drs. Ananto Wibowo, M.IP mengucapkan terimakasih kepada Baznas dengan terselenggaranya kegiatan Madrasah Al Qur’an ini, untuk mengisi hari-hari di bulan Suci yaitu bulan Ramadhan menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.(Ridla Muawanah, S.IP)

Doc Foto : 28-04-2022