GEDONGTENGEN " IKHLAS" INTEGRITAS, KOMITMEN, HATI-HATI, LOYALITAS, AMANAH, SENYUM.
 Jokosaptono,    17 Juli 2020 PETUGAS PENYEMBELIH HEWAN KURBAN WAJIB PAKAI APD
PETUGAS PENYEMBELIH HEWAN KURBAN WAJIB PAKAI APD

Dalam rangka mencegah kemungkinan terjadinya penularan Corona Virus Disease (Covid 19), Camat Gedongtengen Taokhid, SIP, M.Si mensosialisasikan Surat Edaran Walikota Yogyakarta nomor 451/9162/SE/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Idhul Adha 1441 H/2020 M dalam situasi Pandemi Covid 19 di Kota Yogyakarta, Jumat (17/7/2020), di Pendopo Kecamatan.

Dalam sosialisasi terhadap ketua takmir masjid dan mushola se-kecamatan Gedongtengen tersebut hadir pula Forkompimka yaitu Camat, Kapolsek, Danramil, Perwakilan KUA, Lurah dan perwakilan Puskesmas Kecamatan Gedongtengen.

Camat Gedongtengen Taokhid, SIP, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan didalam Surat Edaran Walikota Yogyakarta mengatur pelaksanaan ibadah Idhul Adha 1441 H/2020 M yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2020 yang akan datang lebih mengutamakan pencegahan maupun meminimalisir kemungkinan terjadinya penularan Covid 19 pada rangkaian kegiatannya seperti pelaksanaan takbir keliling, sholat idul adha, distribusi hewan kurban ke luar daerah kota yogyakarta, penjualan dan penyembelihan hewan kurban.   

Lebih lanjut Taokhid, SIP, M.Si dihadapan takmir masjid dan mushola mengatakan bahwa pelaksanaan takbir keliling ditiadakan dan dipersilahkan dilaksanakan di rumah masing-masing atau dapat dilaksanakan di Masjid/Mushola  namun tentunya dengan batasan protocol kesehatan yang ketat. Begitu pula dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha dianjurkan di rumah masing-masing dan dapat dilaksanakan di Masjid/Mushola dengan batasan protocol kesehatan yang ketat dan terlebih dahulu sudah mendapatkan surat keterangan aman dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19.

Sedangkan untuk penyembelihan hewan kurban, dapat dilakukan di rumah pemotongan hewan atau dilaksanakan panitia/petugas namun batasan protocol kesehatan yang ketat serta menghindari kerumunan warga.

Surveilance Puskesmas Gedongtengen, Irwan yunianto, menambahkan informasi bahwa petugas penyembelihan hewan kurban wajib melengkapi dirinya dengan Alat Perlindungan Diri (APD) berupa masker dan sarung tangan karena sifat dari virus corona tersebut adalah zoonosis atau penyakit dan infeksi yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Dari data yang sudah masuk ke KUA Kecamatan Gedongtengen bahwa dari jumlah keseluruhan 24 Masjid dan 16 Mushola, yang melaporkan akan menyelenggarakan sholat Idul Adha baru 6 masjid/mushola dan yang akan menyembelih hewan kurban sejumlah 23 Masjid/Mushola. Sedangkan jumlah hewan kurban yang akan disembelih sejumlah 49 sapi dan 26 kambing.

Pada kesempatan pertemuan tersebut, Kapten Arm Riyanto memperkenalkan diri sebagai Komandan Koramil 14 Gedongtengen yang baru dan mohon dukungannya agar dalam menjalankan tugasnya dapat selalu bersinergi dengan warga masyarakat di kecamatan gedongtengen.

Jok
  (20 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat55.26%
Cukup Bermanfaat0.88%
Bermanfaat8.77%
Kurang Bermanfaat1.75%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait